Salin Artikel

Masa Jabatannya Berakhir 5 September, Edy Rahmayadi: Tanggal 6 Aku Merdeka

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini hanya ingin menegaskan tugasnya memimpin Sumatera Utara akan tuntas setelah 5 September 2023. 

"(Penjabat Gubernur Sumatera Utara) itu urusan wewenang pusat. Ngapain aku ngurusin itu? Aku ajukan pun nanti tak di-acc (setujui), makannya aku tak mau ngajuin dan enggak mau mikir. Tanggal 5 aku berakhir, tanggal 6 aku merdeka," sebut Edy di rumah dinasnya, Kota Medan, Jumat (1/9/2023). 

Kendati demikian, Edy sempat berseloroh soal mantan Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan Mayjen (Purnawirawan) Hasanuddin yang ditunjuk jadi Penjabat Gubernur Sumatera Utara. 

"Hasanudin mana ini? Makin takutlah dia samaku," canda Edy.

Sebelumnya Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan ada 10 penjabat gubernur yang ditunjuk Presiden Joko Widodo, Jumat (1/9/2023) pagi.

Ngabalin menambahkan, nantinya para penjabat yang sudah ditunjuk itu akan dilantik secara resmi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ini kan masing-masing gubernur kan ada yang tanggal 5 (habis masa jabatannya), ada yang tanggal segini, ada yang tanggal segitu. Nanti akan diputuskan," ungkap Ngabalin.

"Dan mereka beliau-beliau akan dilantik dengan waktu yang tidak terlalu lama karena akan akan dilantik segera oleh Mendagri atas nama Presiden," tambahnya.

Penulis: Kontributor Medan, Rahmat Utomo

https://medan.kompas.com/read/2023/09/01/160706278/masa-jabatannya-berakhir-5-september-edy-rahmayadi-tanggal-6-aku-merdeka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke