Salin Artikel

Patung Soekarno di Banyuasin Disebut Tidak Mirip, Warga: Lucu, Kepalanya Lebih Besar dari Badan

KOMPAS.com - Pembangunan patung atau tugu Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, di Bung Karno Sport Center, Jalan Lingkar Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), menuai kritik dari publik.

Pasalnya, bentuk Soekarno dalam patung tersebut tampak tak mirip dengan sang Proklamator Kemerdekaan RI. Soekarno dalam patung itu tampak lebih tembam dengan pakaian yang dinilai terlalu besar.

"Saya sudah melihat sekali saat lewat di jalan lintas, bentuk patungnya lucu. Beda dengan patung-patung Pak Karno yang sudah ada," ucap Nando, warga Kecamatan Banyuasin III yang ditemui saat melintas, Selasa (19/9/2023).

"Bisa bandingkan dengan yang ada di internet, jauh sekali perbedaannya, apalagi kepala presiden pertama ini terlihat kecil dari badannya," sambungnya.

Meski begitu, Kadis PUTR Banyuasin, Ardi Arpani mengatakan, hingga saat ini pengerjaan Tugu Bung Karno masih terus dilakukan.

"(Kontraktor) Masih bekerja," kata Ardi, Kamis (21/9/2023), dikutip dari TribunSumsel.com.

Menurut Ardi, ketidakmiripan itu terjadi karena pembangunan Tugu Bung Karno itu belum selesai.

"Belum selesai dikerjakan," ujar Ardi.

"Saya sudah bertanya, kalau kata pekerjanya ini belum selesai jadi belum terlihat. Nanti dilihat saja apakah sesuai dengan gambar yang diberikan atau tidak," jelasnya.

Ardi pun memastikan bahwa pihaknya terus memantau proses pembangunan Tugu Bung Karno agar hasilnya sesuai dengan harapan.

"Kalau tidak sesuai, pasti kami minta bongkar dan dibuat baru," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ardi pun menunjukkan kontrak pembangunan tugu tersebut. Dalam dokumen itu tertera biaya pembuatan tugu mencapai Rp 495.173.220 dari APBD 2023.

Sementara pihak kontraktor yang mengerjakannya adalah CV Attaki yang beralamat di Jalan Letkol Moeshin Syamsuddin, Perum Griya Sejahtera Blok C3, Kota Palembang, Sumsel.

Akan tetapi, Ardi mengaku tidak tahu-menahu soal asal-usul pekerja pembangunan tersebut.

"Tidak tahu dari mana pekerjanya. Semua dari pihak kontraktor, kami hanya melakukan pengawasan sesuai atau tidak nantinya," pungkasnya.

https://medan.kompas.com/read/2023/09/22/124148078/patung-soekarno-di-banyuasin-disebut-tidak-mirip-warga-lucu-kepalanya-lebih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke