Salin Artikel

Ganjar Sapa Pendukungnya di Kota Pematang Siantar Sumut

PEMATANG SIANTAR, KOMPAS.com - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menyapa pendukungnya di Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

 

Ganjar singgah di kedai kopi, museum hingga toko roti. 

 

Dalam kunjungannya, Ganjar mengaku ingin mengetahui seputar kondisi masyarakat Kota Pematang Siantar. 

 

Tiba di Kota Siantar, Ganjar Pranowo tiba di Kedai Kopi Hordja di Jalan Wandelvad, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Sabtu (11/11/2023) pukul 11.50 WIB.

Ia disambut oleh tokoh adat Simalungun, Karo, Tapanuli serta Komunitas Ganjar Milenial. 

Menurut Ganjar, ini hari kedua ia di Provinsi Sumut. 

 

Sebelumnya ia bertemu dengan kelompok petani, nelayan, dan budayawan di Pasar VI Kualanamu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

 

"Ini hari kedua saya di Provinsi Sumut. Saya ingin mengunjungi daerah yang tidak terlalu ekstrim tapi unik dan eksentrik," katanya. 

 

Di hadapan pendukungnya, Ganjar menunjukkan sebuah buku berjudul 'Indonesia 1998 'yang ia ambil dari rak. Ia mengaku terkesan dengan buku yang mengulas peristiwa reformasi itu.

"Saya ini mendengar lebih banyak lagi dari titik ke titik di kota ini. Mudah mudahan saya mendapat banyak cerita dari Siantar," ucapnya.

Tak lama kemudian, mantan Gubernur Jawa Tengah itu berjalan kaki ke Museum Simalungun yang jaraknya 100 meter dari kedai Kopi Hordja. 

Kedatangannya disambut dengan Tor tor Sombah dan diikatkan Hio Simalungun di pinggangnya. 

 

Capres yang berpasangan dengan calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud MD itu terkesan dengan acara penyambutan itu.

 

"Saya disambut dengan sangat baik, disambut dengan Tortor Sombah, saya dikasih Hio Pamotting. Dan ternyata saya baru tahu cara pemasangannya berbeda. Ada yang diselempangkan, ada yang diikat," ucap Ganjar saat diwawancarai awak media.

 

Capres yang diusung koalisi PDI-P, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo ini berharap dapat mendengar aspirasi masyarakat di Siantar- Simalungun dalam kesempatan yang berbeda.

 

"Terima kasih atas sambutan yang luar biasa ini, mudah-mudahan kita bisa lagi bertemu dengan lebih banyak masyatakat, untuk mendengarkan apa kemudian yang menjadi pikiran dan harapan warga yang ada di Simalungun dan Siantar ini," katanya.

 

Di tempat yang sama, Tenaga Pembantu Museum Simalungun Lili Purba berharap kedatangan Cawapres Ganjar Pranowo ke museum mencerminkan kepedulian pemerintah terhadap budaya dan adat istiadat.

 

"Kami sebagai tuan rumah menyambut baik, mudah-mudahan ini jadi cerminan bahwa kita masyarakat Indonesia masih mencintai budaya kita," tuturnya.

 

Usai meninggalkan Museum Simalungun, Ganjar dan rombongan berkunjung ke Toko Roti Ganda di Jalan Sutomo, Pematang Siantar. 

 

Ganjar mengamati aneka kue di etalase lalu membeli salah satu di antaranya. Sambil berjalan, ia dikerumuni oleh pengunjung yang meminta untuk berswafoto.

https://medan.kompas.com/read/2023/11/11/151051178/ganjar-sapa-pendukungnya-di-kota-pematang-siantar-sumut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke