Salin Artikel

Poster Ganjar di Kota Pematang Siantar Dicopot, Pimpinan Parpol Datangi Satpol PP

PEMATANG SIANTAR, KOMPAS.com - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, mencopot sejumlah poster bergambar bakal calon presiden Ganjar Pranowo.

Pimpinan partai politik koalisi pengusung Ganjar- Mahfud MD di Kota Pematang Siantar kecewa lalu mendatangi kantor Satpol PP.

Poster Ganjar Pranowo itu dipasang untuk menyambut kunjungan Ganjar ke Kota Pematang Siantar pada Sabtu (11/11/2023) siang sekitar pukul 11.50 WIB.

Pantauan di lokasi, sejumlah poster berukuran kecil mulai dipasang sejak Jumat (10/11/2023) malam hingga Sabtu pagi di sejumlah titik di pusat kota.

Belakangan, personel Satpol PP mengendarai mobil dalmas patroli lalu mencopot poster-poster bergambar Ganjar Pranowo bertuliskan 'Tuanku Ya Rakyat'.

Poster berukuran kecil itu semula dipasang di tiang lampu listrik dan pohon pinggir jalan. Video pencopotan poster itu juga beredar di media sosial.

Ganjar Pranowo menanggapi santai ketika ditanya awak media soal posternya yang dicopot oleh Satpol PP.

"Siapa yang copot? Oh… tanya saja ke Satpol ya," ucap dia saat ditemui di Museum Simalungun di Jalan Sudirman Kota Pematang Siantar, Sabtu siang.

Datangi kantor Satpol PP

Sementara itu, pimpinan partai politik pengusung Ganjar-Mahfud di Kota Pematang Siantar mendatangi kantor Satpol PP di Jalan MH Sitorus. Mereka datang usai Ganjar Pranowo meninggalkan Kota Pematang Siantar.

Tiba di kantor Satpol PP, para pimpinan parpol tidak mendapati satu pun pejabat Satpol PP.

Ketua DPC PDI-P Kota Pematang Siantar, Timbul Marganda Lingga mengatakan, kedatangannya ke kantor Satpol PP untuk mengklarifikasi penurunan poster Ganjar.

Meski tidak bertemu secara langsung, pihaknya telah menghubungi Kepala Satpol PP dan Wali Kota Pematang Siantar untuk mempertanyakan hal itu.

"Kita sudah hubungi Kakan Satpol, beliau bilang akan menanyakan ke bawahannya. Kami hubungi saudara wali kota, tapi belum ada jawaban," ucapnya.

Pihaknya menyesalkan hanya poster Ganjar yang dicopot, sementara poster maupun alat peraga kampanye dari partai atau caleg lain tidak ikut diturunkan.

"Kami lihat di medsos hanya baliho Ganjar yang dicopot," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Satpol PP Pematang Siantar, Pariaman Silaen enggan berkomentar saat dikonfirmasi alasan pencopotan poster Ganjar Pranowo oleh personel Satpol PP.

https://medan.kompas.com/read/2023/11/11/164542578/poster-ganjar-di-kota-pematang-siantar-dicopot-pimpinan-parpol-datangi-satpol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke