Salin Artikel

Api dari Plafon, 3 Rumah di Kawasan Padat Penduduk di Siantar Terbakar

Salah seorang pemilik rumah, Takim Siregar mengatakan, kebakaran terjadi pada Minggu (12/11/2023) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Tidak ada luka maupun korban jiwa dari peristiwa itu, namun harta benda milik korban tak terselamatkan.

Takim berujar, semula titik api muncul dari plafon rumah yang terbuat dari asbes. Peristiwa kebakaran itu diduga terjadi karena korsleting listrik.

Api pun cepat menyebar sehingga menghanguskan bagian atap rumah dan menjalar ke rumah tetangganya.

Menurut Takim, posisi api yang membumbung di atap rumah mengakibatkan banyak material berjatuhan ke lantai. Upaya penyelamatan harta benda pun menjadi kian sulit dilakukan.

“Hanya sepeda motor dan satu unit kulkas. Yang lain gak sempat kita selamatkan, semuanya hangus, TV sama surat berharga terbakar, kita hanya fokus selamatkan anak-anak," ujar Takim ditemui di lokasi kebakaran, Senin (13/11/2023).

Sementara itu, satu rumah lain di sebelah kiri rumah Takim pun ludes terbakar.

"Dua kebakarannya parah, satu lagi hanya kamar. Kita belum tahu pasti penyebabnya, tapi api memang dari plafon, bagian atap rumah," ucapnya menambahkan.

Staf Bidang Damkar Kota Pematang Siantar Rencus Sitompul mengatakan, lima unit mobil pemadam kebakaran, berserta 30 personel diturunkan untuk memadamkan api.

Selain itu, warga juga ikut membantu pemadaman dengan menggunakan peralatan sederhana.

Petugas damkar, menurut Recus, sempat mengalami kesulitan menjangkau lokasi kebakaran lantaran gang sempit yang tidak dapat dilalui mobil damkar. Api baru bisa dijinakkan satu jam sejak personel tiba di lokasi.

https://medan.kompas.com/read/2023/11/13/143331978/api-dari-plafon-3-rumah-di-kawasan-padat-penduduk-di-siantar-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke