Salin Artikel

Penyebab Pemotor Jatuh di Simpang Jalan Sudirman Medan, Bukan karena Keramik

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Topan Obaja Putra memastikan bahan pembuatan jalan bukan keramik, melainkan beton.

Topan mengatakan viralnya video itu berawal saat pihaknya melakukan uji coba proyek pembetonan jalan di Simpang Jalan Sudirman, pada Senin (20/11/2023) sore.

Namun terjadi miss komunikasi antara pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Medan.

Jalan yang seharusnya hanya untuk penguji coba, justru dibuka untuk umum. Alhasil pemotor yang melintasi simpang Jalan Sudirman tergelincir.

"Jadikan (penyebab) itu licin beton karena diberi finishing coating. Setelah dikasih coating itu ada pencucian lagi, menggunakan bahan kimia. Jadi, itu belum dicuci sudah dilalui (jalannya), itu yang membuat dia licin," ujar Topan saat ditanya wartawan di DPRD Kota Medan, Selasa (21/11/2023).

Topan lalu menambahkan, penyebab licin juga dikarenakan proses pengaspalan baru di dekat simpang Jalan Sudirman.

"Sisi ujung (Persimpangan Jalan Sudirman) terbuka, kita cek pertemuan antara aspal dengan beton, itu kan aspalnya baru untuk menyamakan ketinggian (beton)," ungkap Topan

"(Jadi) Proses pengaspalan itu kan menggunakan bahan solar atau minyak itu dia terpapar ke betonnya sehingga menyebabkan licin," tambahnya.

Topan juga mengatakan, sebenarnya proyek senilai Rp 1,7 miliar baru selesai pekan depan, karena itu penutupan jalan masih akan terus dilakukan.

"Kita rencanakan Minggu depan, kita buka ini sedang proses pencucian, dengan bahan kimia, kita cuci. Setelah itu nanti tidak lagi licin,'" ujarnya.


Sementara Wali Kota Medan Bobby Nasution diwawancarai di tempat yang sama, juga mengatakan, alasan beton didesain menyerupai keramik demi nilai estetika.

"Ini teknologi lama, yang kita terapkan beton seperti biasa, kita bangun yang biasa dilalui masyarakat cuma dicetak aja. Kelihatannya bentuknya seperti keramik dibuat seperti lantai, jadi inilah, jangan liatnya keramik," ujar Bobby

Sebelumnya diberitakan video yang menyebutkan puluhan pemotor, terjatuh saat melintasi simpang Jalan Sudirman, Kota Medan, viral di media sosial.

Narasi video menyebutkan penyebabnya karena aspal jalan tersebut diganti keramik.

Dilihat dari akun Instagram @fakta.medan, tampak seorang pengendara motor berulang kali tergelincir saat berada di simpang jalan itu.

Menurut perekam video, sudah banyak pengendara yang terjatuh saat melintasi tempat itu.

"Orang jatuh lagi, uda enggak betul ini uda berapa kali jatuh ini 18 orang berserak," ujar pria dalam video

Sementara itu pantauan di lokasi tampak persimpangan jalan tersebut telah ditutup, tampak pula petugas polisi dan Dinas Perhubungan Kota Medan yang berjaga di sana.

https://medan.kompas.com/read/2023/11/21/180123178/penyebab-pemotor-jatuh-di-simpang-jalan-sudirman-medan-bukan-karena-keramik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke