Salin Artikel

Puncak Arus Mudik Nataru di Sumut Diprediksi 2 Gelombang

MEDAN, KOMPAS.com - Puncak arus mudik perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2024 diprediksi terjadi dua gelombang dimulai pada 22-24 Desember 2023. Polda Sumut mengantisipasi 79 titik kemacetan.  

 

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi pada Selasa (19/12/2023) mengatakan, pihaknya sudah memetakan dan langkah antisipasi untuk mengurai kemacetan pada arus mudik. 

 

Dikatakannya, gelombang pertama puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 22-24 Desember 2023 dan gelombang kedua pada 29 Desember 2023. Pihaknya sudah mempersiapkan personel di titik-titik penting. 

 

"Pada 22 Desember kami telah melakukan Operasi Lilin, artinya dari 12.000 lebih personel gabungan, 102 pos pelayanan, 75 pos pengamanan dan 20 lebih pos terpadu siap mengantisipasi puncak arus mudik," ujarnya. 

 

Dikatakannya, personel tersebut sudah menempati pos-pos pengamanan dan ruas jalan yang diprediksi terjadi kemacetan seperti di Kota Tebing Tinggi, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun. Kemudian, di jalur barat seperti Asahan, Labuhanbatu dan  Labuhanbatu Selatan.

 

Untuk Tanah Karo dan Danau Toba diprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

 

"Karena daerah itu juga tempat pariwisata," katanya. 

 

Selain menempatkan personel gabungan di ruas jalan terebut, Polda Sumut mendorong fungsionalisasi jalan tol yang ada di beberapa daerah guna memperlancar kendaraan yang melakukan perjalanan mudik libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

 

"Kami ingin perayaan Natal dan tahun baru bisa dinikmati masyarakat dengan bahagia dan gembira, dan Polda Sumut ingin memastikan masyarakat nyaman dan aman," katanya.

https://medan.kompas.com/read/2023/12/19/133645078/puncak-arus-mudik-nataru-di-sumut-diprediksi-2-gelombang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke