Salin Artikel

Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye, Bobby: Asal Tidak Gunakan Fasilitas Negara

MEDAN, KOMPAS.com - Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut seorang presiden boleh berkampanye dan memihak ke calon tertentu saat Pemilu.

Menurutnya, apa yang disampaikan mertuanya itu sah-sah saja, jika dukungannya bersifat personal.

"Ngak ada yang salah saya rasa, boleh saja secara personal, tentunya boleh," ujar Bobby saat ditanya wartawan di Masjid Raya Al Mashun, Rabu (24/1/2024).

Kata Bobby, dukungan tersebut baru akan menjadi persoalan, bila presiden menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye ke calon yang didukungnya.

"Tadi Pak Presiden menyampaikan ada aturannya dan menyampaikan di akhir menyampaikan juga, asal tidak menggunakan fasilitas negara,'' ungkap Bobby.

Seperti diketahui, pernyataan Jokowi tersebut disampaikan saat keterangan pers di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Menurut Jokowi seorang presiden boleh berkampanye dan memihak kepada calon tertentu dalam Pemilu.

"Hak demokrasi, hak politik setiap orang. Setiap menteri sama saja, yang penting, presiden itu boleh loh kampanye. Presiden itu boleh loh memihak. Boleh. Tapi yang paling penting waktu kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas negara. (Jadi) boleh (presiden kampanye)," katanya.

https://medan.kompas.com/read/2024/01/24/232235678/jokowi-sebut-presiden-boleh-kampanye-bobby-asal-tidak-gunakan-fasilitas-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke