Salin Artikel

Hirup Gas dari Sumur Geotermal, 101 Warga Mandailing Natal Dirawat

Lokasi sumur proyek geotermal PT SMGP berada di Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal.

Sebanyak 101 orang yang dilarikan ke RS adalah warga Desa Sibanggor Julu dan Sibanggor Tonga, yang berada di dekat lokasi di sumur tersebut.

"Diduga disebabkan adanya aktivitas pembukaan lubang bor atau pengujian sumur V-01 (well test), di lokasi Wellpad V PT SMGP, yang mengakibatkan 101 warga Desa Sibanggor Julu dan Sibanggor Tonga mengalami pingsan, mual dan, muntah-muntah."

"Sehingga mereka dievakuasi menuju RSUD Panyabungan dan RS Permata Madina," ungkap Kepala Polisi Resor Madina AKBP Arie Paloh, Jumat (23/2/2024).

Arie menceritakan, kejadian berawal saat pihak perusahaan panas bumi (SMGP) melakukan kegiatan uji sumur (well test) V-01 di Wellpad V, Kamis pukul 11.00 WIB.

Tiba-tiba, sekitar pukul 18.45-19.00 WIB -saat aktivitas well test masih berlangsung- pihak perusahaan mendapat laporan dari warga Sibanggor Julu yang mencium bau busuk dan diduga kuat berasal dari aktivitas uji sumur yang sedang berlangsung.

"Mengetahui itu, sebagian masyarakat Desa Sibanggor Julu turun menuju Simpang Pos Pemantau Gunung Sorik Marapi yang berada di Desa Sibanggor Tonga untuk melakukan evakuasi diri," kata Arie.

Selanjutnya, sekitar pukul 19.10 WIB, masyarakat Desa Sibanggor Julu dan Sibanggor Tonga merasakan aroma bau busuk yang semakin menyengat.

Keadaan ini membuat masyarakat yang berada di lokasi merasakan mual, muntah hingga, bahkan hingga tidak sadarkan diri.

"Dan bersamaan pada kejadian arus PLN padam, sehingga membuat warga menjadi panik dan meminta bantuan mobil ambulans untuk melakukan evakuasi ke rumah sakit," ucap Arie.

Kemudian, warga dibawa ke RSUD Panyabungan dan RS Permata Madina untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Dan sekitar pukul Pukul 19.15 WIB, kegiatan aktivitas well test sumur dihentikan oleh pihak perusahaan," kata Arie. (Penulis: Kontributor Padang Sidempuan, Oryza Pasaribu)

https://medan.kompas.com/read/2024/02/23/132338578/hirup-gas-dari-sumur-geotermal-101-warga-mandailing-natal-dirawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke