Salin Artikel

Tolak Berhubungan Intim, Mantan Istri Dibunuh dan Dibuat Skenario Gantung Diri

MEDAN, KOMPAS.com - Pria inisial RI (31) di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, tega membunuh mantan istrinya SW (25) karena tidak mau diajak berhubungan badan.

Usai menjalankan aksinya, RI membuat skenario seolah-olah korban tewas gantung diri.

Kasat Reskrim Polres Asahan, AKP Rianto mengatakan, peristiwa bermula saat pelaku mendatangi indekos korban di Desa Aek Loba, Kecamatan Aek Kuasan, Asahan, Jumat (23/2/2024) pukul 01.30 WIB.

Saat itu pintu rumah korban tidak terkunci, pelaku pun langsung masuk ke kamar korban.

"(Pelaku) lalu membangunkannya untuk meminta hubungan suami istri. Korban tidak mau melakukannya, karena pelaku bukan suaminya lagi, melainkan sudah cerai dan korban mengatakan bahwa korban dalam keadaan haid," ujar Rianto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/2/2024).

Selanjutnya keduanya terlibat cekcok hingga akhirnya pelaku mencekik korban hingga tewas. Pelaku kemudian membuat skenario seolah-olah korban tewas bunuh diri.

"Untuk mengelabui aksinya, pelaku mengambil seutas tali dan mengikatnya di jendela kamar dan selanjutnya mengikat leher korban dan menarik tali ke atas tersebut sehingga korban tergantung dengan kaki mencecah ke lantai," ujar Rianto.

"Kemudian pelaku (juga) menulis surat di dalam buku yang seolah-olah korban berwasiat, namun kenyataannya pelaku lah yang menulis untuk mengelabui aksinya," tambah Rianto.

Kemudian sekitar pukul 02.00 WIB, pelaku keluar dari indekos korban. Sekitar pukul 07.00 dia kembali mendatangi rumah korban sambil berpura-pura menemukan jasad korban dengan posisi gantung diri.

"(Pelaku) berpura-pura pura menangis dan menjerit sehingga saksi sebelah rumah mendengar pelaku dan para saksi mendatangi TKP," ujar Rianto.

Kata Rianto saat warga ke lokasi kejadian, jasad korban telah diturunkan pelaku, lalu pelaku menyebut korban gantung diri. Tetapi polisi tidak begitu saja percaya. Polisi lalu menyelidiki kasus ini.

"Hasil dari pemeriksaan dokter bahwa korban diduga tidak murni bunuh diri, karena lidah tidak menjulur dan terdapat tanda- tanda memar di lutut dan paha kanan," ujar Rianto

Polisi kemudian memeriksa pelaku dan dari serangkaian penyidikan, pelaku mengakui perbuatannya.

"Setelah dilakukan interogasi terlapor mengakui semua aksinya," ungkap Rianto.

Kini pelaku ditahan di Mapolres Asahan untuk proses hukum lebih lanjut.

https://medan.kompas.com/read/2024/02/25/184039078/tolak-berhubungan-intim-mantan-istri-dibunuh-dan-dibuat-skenario-gantung-diri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke