Salin Artikel

Iptu Supriadi Dicopot Usai Kenalkan Korban Penipuan Rp 1,3 Miliar ke Nina Wati

Kini, perwira pertama Polri itu dimutasi menjadi perwira pertama (Pama) Sat Brimob Polda Sumut.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Sumaryono mengatakan, Supriadi merupakan orang yang memperkenalkan korban, Afnir, kepada Nina.

Dari perkenalan inilah kemudian korban terkena bujuk rayu, di mana Nina mengimingi korban mampu meluluskan anaknya masuk menjadi Bintara Polri, disusul taruna Akpol

Setelah itu, korban mengirimkan uang sebesar Rp 500 juta secara bertahap sampai akhirnya mencapai Rp 1,3 miliar yang disertai kuitansi pembayaran.

"Dimutasi menjadi Pama Brimob. Dia perantara, memperkenalkan Afnir kepada N,"kata Dirreskrimum Polda Sumut Kombes Sumaryono, Jumat (22/3/2024).

Penyidik sudah meminta keterangan Iptu Supriadi. Sempat terjadi cekcok saat penyidik hendak menyita ponselnya.

Kombes Sumaryono berjanji segera memberi kepastian hukum terhadap Supriadi.

"Untuk itu Supriadi, kita dalami perannya dan dalam waktu dekat akan kita berikan kepastian hukum terhadap yang bersangkutan. Pemeriksaan awal sudah dan akan kita dalami lagi," ujar Sumaryono.

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap Nina di kediamannya di Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, Kamis (21/3/2024).

Nina yang telah ditetapkan sebagai tersangka penipuan, telah menipu warga bernama Afnir dengan modus mampu meloloskan anaknya masuk Akpol. Afnir diminta mentransfer uang sebesar Rp 1,3 miliar.

Namun, setelah uang dikirim, Nina tak kunjung menepati janjinya hingga korban melapor ke polisi.

Diketahui bahwa Nina yang merupakan wiraswasta, sudah menjadi calo sejak tahun 2014 lalu.

Selain Afnir, ada empat laporan lain dengan kasus serupa. Bahkan, dugaan penipuan paling lama yang dilaporkan, yakni pada tahun 2014.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Iptu Supriadi Akhirnya Dicopot, Terlibat Dugaan Penipuan Taruna Akpol 1,3 Miliar Bareng Nina Wati

https://medan.kompas.com/read/2024/03/22/175721378/iptu-supriadi-dicopot-usai-kenalkan-korban-penipuan-rp-13-miliar-ke-nina-wati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke