Salin Artikel

Penutupan Medan Zoo Ditunda Lagi, Alasannya Pengunjung Diperkirakan Ramai Saat Lebaran

MEDAN,KOMPAS.com - Penutupan Medan Zoo untuk renovasi kembali ditunda. Ini merupakan penundaan yang kedua kalinya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution sempat berjanji akan menutup Medan Zoo untuk perbaikan sebelum lebaran tahun ini.

Namun belakangan Pemkot Medan menunda penutupan tersebut. Pertimbangannya karena mereka memperkirakan jumlah pengunjung Medan Zoo akan ramai selama libur lebaran.

Hal itu disampaikan Plt Dirut PUD Pembangunan, Bambang Hendarto.

PUD Pembangunan diketahui sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD ) Pemkot Medan yang membawahi Medan Zoo.

"PUD Pembangunan akan menunda dulu penutupan Medan Zoo sebelum lebaran, karena di waktu libur lebaran pengunjung yang datang ke Medan Zoo diperkirakan ramai, seperti libur lebaran tahun-tahun sebelumnya", ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/4/2024).

Kata Bambang, izin penundaan penutupan Medan Zoo ini telah disampaikannya secara lisan ke Bobby.

"Pak Wali saat ditemui di giat bersama anak yatim piatu sore tadi. Secara lisan mengizinkan penutupan ditunda sampai liburan lebaran berakhir," ujarnya

Menurut Bambang selain ramainya pengunjung saat lebaran, Medan Zoo merupakan wahana hiburan yang biaya terjangkau, khususnya bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah.

"Karena hal ini juga kami PD Pembangunan menunda penutupan, sebab kita ketahui Medan Zoo juga merupakan hiburan yang terjangkau di kota Medan untuk masyarakat", sebutnya.

Dia juga menrangkan, sejauh ini progres perbaikan Medan Zoo terus digenjot, kegiatan tersebut dilakukan bersama sejumlah stakeholder.

"Dibantu oleh Pemko Medan, BKSDA Sumut, PKBSI, dan para donatur serta influencer untuk memberikan kenyamanan ketika akan berlibur di Medan Zoo nantinya", pungkasnya.

"Progress perbaikan sarana di Medan Zoo telah dilakukan sementara, namun untuk progres perbaikan yang sifatnya menyeluruh dan besar-besaran rencananya akan dilakukan setelah lebaran tahun ini", sebutnya.

Sebelumnya sudah 2 kali Bobby Nasution berjanji menutup Medan Zoo untuk perbaikan, namun dua kali juga dia menundanya.

Janji pertama, disampaikan pada Februari 2024, Bobby beralasan menunda karena masih berkoordinasi dengan pihak Taman Safari untuk proses renovasi Medan Zoo.

"Februari (rencana) pembangunannya kemarin dari Taman Safari ada miss waktu lagi. Mudah-mudahan, tadi ini (kemarin) saya lobi-lobi di Jakarta bukan untuk Pilgub (Pemilihan Gubernur), tapi untuk membangun Kota Medan, salah satunya Medan Zoo," ujar Bobby saat diwawancarai wartawan di Aula Serbaguna PKK Kota Medan, Rabu (6/3/2024).

Janji kedua disampaikan Bobby saat menemani calon investor Medan Zoo, Kamis (14/3/2024).

"Besok ada temen-temen arsitek akan melihat titik relokasi yang paling pas untuk seluruh binatang. Setelah itu ketika masa pemulihan fisik, nanti sebelum Lebaran, insya Allah akan kita tutup Medan Zoo," ujar Bobby usai mengajak 3 calon investor berkeliling di Medan Zoo kepada wartawan, Kamis (14/3/2024)

Untuk janji kedua, alasannya karena diprediksi Medan Zoo akan ramai saat lebaran. Medan Zoo lalu direncanakan akan ditutup untuk perbaikan, sehabis libur lebaran.

Sebelumnya juga, Medan Zoo sempat menjadi sorotan, sebab dalam waktu tiga bulan, lima harimau di sana mati. Teranyar harimau bernama Bintang Sorik mati di Medan Zoo, Selasa (13/2/2024).

Bobby yang saat itu diwawancarai mengatakan, harimau yang mati di Medan Zoo karena memasuki usia lanjut sekitar 15 sampai 20 tahun.

"Saya sampaikan lifetime-nya harimau itu di alam liar 15 tahun sampai dengan 20 tahun kalau di kandang,'' ujar Bobby usai melakukan pencoblosan Pemilu di TPS 34 di Komplek Setia Budi, Kecamatan Medan Selayang Kota Medan, Rabu (14/2/2024).

Selama ini, sambung Bobby, Medan Zoo gagal mengembangbiakan harimau, sehingga ketika ada harimau yang mati tidak ada penggantinya.

"Medan Zoo itu gagal dalam breeding-nya (pengembangbiakan) dia, (jadi) harimau itu mati, tapi enggak ada penerusnya," ungkapnya.

Meskipun begitu Bobby juga tidak menampik faktor lainnya, yakni pola makan dan perawatan.

Untuk diketahui saat ini Medan Zoo juga sedang mengalami krisis ekonomi. Selain 70 persen kandang di sana rusak, para karyawannya juga sempat tidak digaji selama lima bulan.

https://medan.kompas.com/read/2024/04/08/213054478/penutupan-medan-zoo-ditunda-lagi-alasannya-pengunjung-diperkirakan-ramai-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke