Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Pendukung 02 Unjuk Rasa di Depan Kantor Bawaslu Sumatera Utara

Kompas.com - 22/05/2019, 18:58 WIB
Dewantoro,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS com - Ratusan massa pendukung Prabowo-Sandi berunjuk rasa di depan kantor Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) di Jalan Adam Malik Medan.

Unjuk rasa ini merupakan aksi penolakan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Republik Indonesia terkait hasil Pemilu 2019, Rabu (22/5/2019).

Berdasarkan pantauan di lapangan, massa sudah berkumpul sejak pukul 13.30 WIB. Belasan mobil kepolisian bersiaga di sekitar kantor Bawaslu Sumut di Jalan Haji Adam Malik, Kota Medan.

Mulai dari mobil Raisa (pengurai massa), Security Barrier dan mobil anti huru-hara. Begitu juga dengan puluhan tameng serta perlengkapan untuk menghalau hal-hal yang tidak diinginkan juga sudah dipersiapkan.

Massa yang sudah berkumpul di kawasan kantor Bawaslu Sumut kemudian melakukan orasi dan meminta agar Bawaslu dan KPU netral.

Pada siang tadi, sempat terjadi aksi mendorong kawat berduri oleh pengunjuk rasa. Hingga berita diturunkan, suasana di seputaran kantor Bawaslu Sumut semakin ramai. Bahkan penjagaan ketat dilakukan oleh TNI dan Polri.

Baca juga: KPU Tunda Rekapitulasi Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara

Dalam orasinya, dengan pengeras suara dan di atas truk, seorang orator menyampaikan permintaan agar massa aksi yang terpisah diperbolehkan menyatu dengan massa yang lebih besar, namun terhalang oleh barrier kawat berduri.

"Yang kami inginkan adalah, kami bisa berunjuk rasa di depan kantor Bawaslu. Tolong Pak polisi singkirkan kawat berduri ini. Pak polisi, masukkan karat berduri ini ke dalam mobil," katanya.

Aksi sempat mereda saat memasuki waktu shalat ashar. Seseorang di atas mobil dengan pengeras suara juga mengumandangkan azan dan massa menggelar shalat di tengah jalan secara berjamaah.

Saat massa sedang shalat, petugas polisi menyingkirkan pagar berduri dan memberikan ruang massa lebih dekat dengan kantor Bawaslu.

Sebelumnya, di Jalan Adam Malik, massa juga membakar ban di 4 titik. Hingga berita ini diturunkan, massa aksi masih terus berupaya mendekati kantor Bawaslu.

Baca juga: Demo Tolak Hasil Pemilu di Pamekasan Berakhir Ricuh

Sementara itu, di halaman kantor KPU di Jalan Perintis Kemerdekaan, petugas kepolisian juga tampak bersiaga dengan tameng dan lainnya. Massa yang lebih sedikit melakukan aksi mendukung situasi kondusif.

"Di sini kita ingin menyampaikan bahwa, kita tidak mau ada yang mengganggu ketertiban sosial. Bagi kami, NKRI harga mati," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com