Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik di Bandara Kualanamu Diprediksi Besok

Kompas.com - 13/04/2024, 06:12 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber Antara

MEDAN, KOMPAS.com - Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan memperkirakan puncak arus balik pemudik Lebaran 2024 di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara terjadi pada Minggu (14/4/2024) dan Senin (15/4/2024).

"Perkiraan kami jatuh pada 14 -15 April 2024, terutama Minggu malam hari," kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman dikutip Antara.

Baca juga: Green-Yellow-Red, Skema Delaying System Polda Lampung Saat Arus Balik Lebaran 2024

Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 Bandara Internasional Kualanamu juga memperkirakan sekitar 30.800 pemudik akan melakukan perjalanan arus balik pada hari itu.

Sebagian besar pesawat membawa penumpang tujuan rute domestik, yakni Cengkareng (CGK), Batam (BTH), Pekanbaru (PKU), dan sisanya rute internasional meliputi Kuala Lumpur (KUL) dan Penang (PEN).

Data Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 Bandara Internasional Kualanamu menunjukkan bahwa puncak arus mudik sebanyak 28.710 orang penumpang dengan menggunakan 90 pesawat terjadi pada Sabtu (6/4/2024).

"Diprediksi sekitar 30.800 orang pada puncak arus balik kali ini berdasarkan data tiket yang sudah terjual di maskapai. Memang tantangannya lebih besar arus balik Lebaran 2024," kata dia.

Baca juga: Hadapi Arus Balik, Menhub Fungsikan Pelabuhan Panjang Lampung Angkut Pemudik Motor dan Mobil

Pihaknya di beberapa titik telah melakukan antisipasi penumpukan penumpang, di antaranya di terminal domestik dan internasional. Terkait hal itu penumpang diimbau menggunakan mesin check-in mandiri, dan fasilitas check-in daring telepon pintar.

Kemudian pada tempat pemeriksaan keamanan (security check point) dan ruang tunggu maskapai dengan melakukan rekayasa agar tidak terjadi penumpukan penumpang akibat keterlambatan pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com