Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Terduga Maling Kota Amal Modus QRIS di Jakarta Juga Menipu di Medan, Polisi Selidiki

Kompas.com - 11/04/2023, 16:51 WIB
Rahmat Utomo,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.Com- Aksi maling modus menggunakan kode batang quick response code Indonesia Standart (QRIS) palsu untuk kotak amal, terjadi di sejumlah masjid di kawasan Jakarta Selatan.

Belakangan beredar informasi pelaku merupakan warga Kota Medan, Sumatera Utara, dan sudah kerap beraksi melakukan berbagai penipuan, hingga akhirnya lari ke Jakarta.

Kasatreskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir masih menyelidiki informasi tersebut.

"Kalau sementara belum ada (menemukan identitas pelaku). Tapi kita juga sudah menerima informasi itu. Kita coba akan selidiki lagi ya," ujar Fathir melalui telepon seluler kepada Kompas.com, Senin (10/4/2023) malam.

Baca juga: Beredar QRIS Palsu Ditempel di Kotak Amal di Sejumlah Masjid, Ganjar Imbau Pengelola dan Jemaah Waspada

Sebelumnya dalam rekaman CCTV di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan, tampak seorang pria tak dikenal menempelkan barcode QRIS palsu di atas sebuah kotak amal.

Pria berkacamata yang memakai kemeja lengan panjang dan celana panjang tampak celingak-celinguk sebelum melancarkan aksinya.

QRIS palsu juga tersebar di beberapa sudut Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com pada Senin (10/4/2023), QRIS palsu itu ternyata terhubung dengan rekening bank cabang Kota Medan dan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Hal itu dibuktikan usai Kompas.com memindai dua QRIS palsu yang diberikan pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) menggunakan aplikasi ojek daring.

Baca juga: Ridwan Kamil Ingatkan DKM Waspadai Penempelan QR Code Palsu di Kotak Amal

 

Saat barcode dipindai, muncul nama “Restorasi Masjid” yang terafiliasi dengan platform LinkAja dan beralamat di Kota Medan.

Barcode pertama tertulis atas nama "Restorasi Masjid" yang terafiliasi dengan platform LinkAja dan beralamat di Kota Medan.

Sementara, barcode QRIS palsu lainnya atas nama "Restorasi Mesjid" berafiliasi dengan Bank Nobu yang beralamat di Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com