Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Pembawa Jemaah Haji Tabrakan Beruntun di Asahan Sumut

Kompas.com - 07/07/2023, 16:02 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

KOMPAS.com-Bus pembawa jemaah haji mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Jumat (7/7/2023) sekitar 12.00 WIB. 

Sebanyak dua bus yang mengalami kecelakaan tampak rusak parah bagian depannya. 

Seorang jemaah haji penumpang bus itu mengatakan kecelakaan terjadi karena satu dari rombongan empat bus mengerem secara mendadak. 

"Ngerem mendadak yang depan. Jadi yang belakang tiba-tiba dan ketabrak," ujar sebut jemaah haji tersebut. 

Baca juga: Tradisi Wisuda Jemaah Haji Asal Bugis, Baju Bling-bling bak Princess

Akibat peristiwa tersebut, jemaah haji itu harus dievakuasi dengan kendaraan lain.

Sedangkan Sekretaris Daerah Asahan Jhon Hardi Nasution mengatakan, kecelakaan setelah jalan balik dari Kota Medan menuju Kabupaten Asahan.

"Mereka pulang menuju sini. Ada 282 orang jumlah haji dan petugas pendamping kesehatan Kabupaten Asahan. Seluruhnya kembali dalam kondisi selamat," katanya.

Bus jemaah haji Kabupaten Asahan mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera, tepaunya di Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Jumat(7/7/2023). TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP Bus jemaah haji Kabupaten Asahan mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Sumatera, tepaunya di Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan, Jumat(7/7/2023).

Hanya ada satu haji yang mengalami luka marena terkena pecahan kaca bus. Jemaah itu disebut telah ditangani.

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kecelakaan beruntun yang melibatkan empat bus jemaah haji kloter 3 tersebut.

"Iring-iringan bus dikawal oleh Patwal dinas perhubungan Kabupaten Asahan menuju Asahan. Tapi belum diketahui secara pasti, apa penyebab kecelakaan," katanya.

Baca juga: Viral, Video Perampok di Binjai Paksa Korbannya Transfer 5 Juta ke Rekening

Dijelaskannya, jemaah haji ini tiba pada 02.00 WIB di Bandar Udara Internasional Kualanamu dan tiba di asrama haji pada 04.30 WIB.

"Dari asrama haji mereka bergerak sekitar pukul 08.00 WIB dan terjadi insiden di Meranti tadi sekitar pukul 12.00 WIB dan tiba di sini sekitar pukul 13.30 WIB," katanya.

Setelah sampai di Gedung Tahfidz Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, para haji tersebut langsung disambut oleh keluarga.

 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Empat Bus Penjemputan Jemaah Haji Asahan Mengalami Kecelakaan Beruntun, Belum Diketahui Penyebabnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com