Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Ormas di Langkat Sumut, 4 Orang Ditangkap

Kompas.com - 10/07/2023, 19:29 WIB
Rahmat Utomo,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MEDAN,KOMPAS.com- Polisi terus memburu pelaku bentrok antar organisasi masyarakat Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI dan Polri (FKPPI) di Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Minggu (9/7/2023).

Insiden ini menewaskan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPK Sei Batang Serangan, Langkat, Simson Sembiring (41) tewas.

Kapolsek Kuala, AKP Ilham mengatakan, sejauh ini telah menangkap empat orang yang diduga terlibat bentrokan.

"Sudah ada yang ditangkap. Dari IPK dua orang, dari FKPPI dua orang," ujar Ilham saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/7/2023).

Baca juga: Ketua PAC IPK di Sumut Tewas saat Bentrok dengan Kelompok FKPPI

Namun Ilham belum merinci identitas dan peran pelaku saat bentrok terjadi. Polisi disebutnya masih fokus memburu pelaku lain dan juga mencari barang bukti.

"Saya lagi di lapangan cari barang bukti, pokoknya kita (akan) tangkap semua pelaku (yang terlibat bentrok)," tandasnya.

Sementara itu Kasi Humas Polres Langkat AKP S Yudianto bentrokan terjadi pukul 18.30, awalnya rombongan dari massa FKPPI baru saja melakukan kegiatan motor cross, bertema Super Grasstrack 2023 di Dusun Mberlagan, Desa Besadi, Kecamatan Kuala. Setelah kegiatan selesai, mereka pulang melewati basis kelompok IPK di Desa Bruam, Kabupaten Langkat.

Yudianto belum menjelaskan penyebab gesekan ke dua kelompok, namun saat masa FKPPI melintasi lokasi, mereka dilempari batu oleh massa IPK.

"Kemudian masa dari PC FKPPI Kabupaten Langkat turun dari mobil dan menyerang masa DPD IPK Langkat dengan menggunakan senjata tajam," ujar Yudianto.

Baca juga: Lerai Bentrok Ormas di Sumut, Anggota Sat Intelkam Polres Langkat Terluka

Akibat serangan itu Simson mengalami luka dan dia tewas dalam perjalan menuju ke Klinik dr Indra di Kecamatan Selesai, Langkat.

"Dia mengalami luka robek pada lengan kiri atas luka robek pada paha kiri luka robek pada tumit kiri, luka robek pada kepala belakang, luka licet pada punggung kanan," ujar Yudianto.

Seorang anggota IPK bernama Sultan (21), juga mengalami luka bacok di kepalanya dan kini dirawat di Puskesmas Kuala, Langkat. Selain itu anggota Satuan Intel Polres Langkat, berinisial RA (30) juga mengalami luka.

"Dia mengalami luka di bawah pelipis mata sebelah kanan (luka) lecet dibawa hidung dan kini dirawat di Puskesmas Kuala, Langkat," ujar melalui keteranganya, Senin (10/7/2023).

Yudianto mengatakan RA terkena lemparan batu, saat berusaha melerai bentrokan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com