Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa 4 Kg Sabu dari Malaysia, Warga Surabaya Ditangkap di Asahan Sumut

Kompas.com - 19/02/2024, 17:45 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

KOMPAS.com-Seorang warga Kota Surabaya, Jawa Timur, berinisial IS ditangkap di perairan Asahan, Sumatera Utara, karena menyelundupkan empat kilogram sabu dari Malaysia

Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tanjungbalai Asahan Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha mengatakan, IS ditangkap pada Minggu (18/2/2024) sore saat sampannya masuk ke Sungai Asahan.

"Semalam Intel Lanal TBA mendapat informasi ada seorang pria yang hendak masuk membawa sabu ke Tanjungbalai maupun Asahan. Tim melakukan patroli dan benar, mendapatkan sebuah sampan yang dicurigai," kata Wido Dwi, Senin (19/2/2024).

Baca juga: Terjaring Razia, 4 Wanita Pemandu Lagu di Sumbawa Barat Positif Sabu

Kecurigaan atas IS berawal dari sampan yang dikendarai tidak membawa jaring ikan, sehingga petugas memberhentikan dan langsung menggeledah.

Hasilnya, ada empat bungkus sabu dalam sampan itu.

"Saat kami interogasi, benar saja tersangka mengakui barang tersebut miliknya," ujar Wido Dwi.

Saat diinterogasi, IS mengaku berangkat dari Surabaya langsung menuju Malaysia. Namun, pulang melalui laut Tanjungbalai.

"Tugas dia hanya membawa sabu tersebut ke Tanjungbalai. Jadi, dalam satu kilogramnya, tersangka diupah Rp 50 juta. Sehingga kalau di total, seluruhnya Rp 200 juta," katanya.

Baca juga: Kedapatan Transaksi Sabu di Dalam Rumah, IRT di Sumbawa Dibekuk Polisi

Namun,  saat ini IS hanya baru menerima upah Rp 7 juta sebagai uang dan uang perjalanan menuju Malaysia.

"Rencananya ini akan diedarkan di Surabaya atau Madura. Dia ini hanya kurir, dan disuruh oleh seorang pria warga Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur berinisial SP," ungkapnya.

IS kini telah diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara untuk dilakukan penahanan dan proses lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Warga Jawa Timur Keciduk Bawa Empat Kilogram Sabu di Perairan Asahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com