Salin Artikel

Ledakan di Ruko Terbakar di Medan, 23 Warga dan Petugas Damkar Luka Bakar

Akibatnya, 23 orang termasuk petugas pemadam mengalami luka bakar. 

Dikonfirmasi melalui telepon pada Rabu siang, Kepala Dinas Pencegahan dan Pemadam Kota Medan, Albon Sidauruk menjelaskan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 09.42 WIB.

"Setelah mendapat informasi itu, kita langsung turun ke lokasi. Ada lima damkar ke lokasi. Dalam 1 jam api berhasil dipadamkan," katanya.

Detik-detik ledakan, hingga lidah api menyambar puluhan orang

Dijelaskannya, saat petugas bersama masyarakat sedang melakukan penyiraman, tiba-tiba ada ledakan dari dalam rumah toko tersebut dan menerjang pintu di rumah tersebut.

Tak cuma itu, juga muncul lidah api yang menyambar petugas dan juga masyarakat yang berada di lokasi tersebut. 

"Jadi ada lidah api yang menyambar, membakar pasukan kita dan masyarakat. Saat itu memang posisi sedang memadamkan api," katanya. 

Sebagian petugas pakai pakaian tak sesuai SOP

Albon mengakui saat itu ada sebagian petugas yang tidak menggunakan pakaian sesuai standard operating procedure (SOP) karena dalam kondisi sedang kalut dan darurat.

Dari 3 orang petugas yang mengalami luka bakar, satu orang di antaranya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi Medan. 

Sedangkan dua orang lainnya, bersama dengan 20 orang masyarakat masih dirawat di Rumah Sakit Delima di Medan Labuhan.


2 warga alami luka bakar di atas 70 persen

"Kalau anggota damkar tak terlalu serius. Yang serius itu 2 orang masyarakat yang di atas 70 persen. Informasi yang kita dapat, ada 20 masyarakat yang luka bakar,

Pihaknya menduga di lokasi kebakaran terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar seperti bahan bakar minyak (BBM), bahan kimia yang mudah terbakar atau gas.

"Kami belum bisa informasikan karena lebih tepatnya dari Labfor, yang meledak apa. Dugaan kami ada bahan yang mudah terbakar, seperrti BBM, atau gas," katanya. 

https://medan.kompas.com/read/2021/05/12/131517978/ledakan-di-ruko-terbakar-di-medan-23-warga-dan-petugas-damkar-luka-bakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke