Salin Artikel

Nakes Diduga Suntik Anak dengan Vaksin Kosong, Edy Rahmayadi: Kalau Salah Pasti Kami Hukum

KOMPAS.com - Seorang tenaga kesehatan (nakes) di Medan, Sumatera Utara, diduga menyuntikan vaksin kosong kepada seorang siswa sekolah dasar (SD).

Peristiwa tersebut diduga terjadi di SD daerah Belawan, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Martubung, Kecamatan Labuhan Deli pada Senin (17/1/2022).

Terkait dengan kejadian itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pun angkat bicara.

Kata Edy, ia belum mengetahui secara detail mengenai masalah tersebut. Namun, apabila terbukti bersalah maka tenaga kesehatan tersebut akan mendapat sanksi.

"Hukum, tidak boleh itu. Kalau sudah salah, sudah pasti kami hukum, mencederai orang itu," kata di rumah dinasnya, Jumat (21/1/2022).

Saat ini, Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan pihak kepolisian masih mencari titik terang kasus itu.


Dalam kasus ini, polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang. Dua di antara merupakan orangtua yang anaknya divaksin yakni berinisial O dan K.

Bukan hanya itu, polisi juga turut mengamankan beberapa barang bukti dari kejadian tersebut.

"Lebih kurang 5 orang saksi yang telah diperiksa, status saat ini masih saksi. Kemudian barang bukti yang disita ada bekas jarum suntik yang telah digunakan kegiatan tersebut, buku agenda terkait dengan daftar anak yang divaksin, dan rekaman video yang telah diambil orangtua anak berinisial K," kata Direktur Reskrimum Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja saat konferensi pers di Mapolres Pelabuhan Belawan, Jumat.

"Ini tetap berproses (penyelidikan). Kami tetap menggandeng pihak IDI untuk menindaklanjuti video viral yang kita ketahui bersama," sambungnya.

Dokter yang suntik vaksin kosong ke siswa minta maaf

Sementara itu, dr TGA, petugas vaksinator yang menyuntik anak dengan suntikan diduga kosong itu meminta maaf.

"Kepada pihak Polri, masyarakat, IDI Sumut dan IDI Medan saya mohon maaf atas kesilapan yang saya perbuat ini," katanya.

 

(Penulis : Kontributor Medan, Dewantoro, Daniel Pekuwali | Editor : Khairina, Abba Gabrillin)

https://medan.kompas.com/read/2022/01/22/134500778/nakes-diduga-suntik-anak-dengan-vaksin-kosong-edy-rahmayadi-kalau-salah-pasti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke