Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buha-buha Ijuk, Tradisi Ziarah Kubur pada Perayaan Paskah di Tanah Batak

Kompas.com - 06/04/2023, 17:42 WIB
Puspasari Setyaningrum

Editor

KOMPAS.com - Perayaan Paskah di Indonesia juga dilaksanakan dengan cara berbeda di beberapa daerah, salah satunya di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Tradisi ini dinamakan Buha-buha Ijuk (ibadah subuh) yaitu ibadah peringatan kebangkitan Yesus Kristus dari kubur yang telah menjadi tradisi warga Parapat.

Baca juga: Apakah Jumat Agung Termasuk Paskah? Ketahui Bedanya 

Jika di beberapa daerah Buha-buha Ijuk dilakukan dengan ibadah di gedung gereja, maka warga Parapat merayakannya di lokasi pekuburan.

Tak hanya di Kota Parapat, namun di daerah Toba tepatnya di Padangsidempuan, Pulau Samosir, dan di wilayah yang banyak didiami oleh jemaatHKBP (Huria Kristen Batak Protestan).

Baca juga: Mengapa Paskah Identik dengan Telur? Begini Sejarahnya

Dalam perayaan Paskah, tradisi Buha-buha Ijuk begitu penting dan masuk dalam agenda gerejawi.

Baca juga: Jalan Salib, Tradisi Umat Katolik Wonogiri di Hari Jumat Agung

Asal-usul Tradisi Buha-buha Ijuk

Dilansir dari laman indonesia.go.id, tradisi Buha-buha Ijuk di Parapat ini meniru peristiwa di Alkitab ketika Maria Magdalena mengetahui kabar kebangkitan Yesus Kristus dari kubur.

Saat itu Maria Magdalena berlari ke kubur untuk memastikan kebangkitan Yesus Kristus dari kuburnya.

Dalam kepercayaan Nasrani, peringatan kebangkitan itu bukan sekadar kebangkitan daging, namun sekaligus bukti kemenangan Yesus (korban penyaliban) atas kuasa maut.

Sehingga di kemudian hari, sesuai pesan Alkitab, kematiannya diyakini sebagai membuka jalan sekaligus menggaransi kebangkitan bagi manusia yang percaya kepada Yesus sebagai juru selamat dunia.

Peristiwa itulah yang kemudian ditiru oleh warga Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) dengan merayakan Paskah langsung di kuburan keluarganya.

Oleh sejumlah misionaris atas nama zending, mereka membawa kabar baik (injil) sampai ke tanah Batak.

Tak kurang dari misionaris Ingwer Lodewijk Nommensen, rasul Batak, berhasil meyakinkan leluhur orang Batak atas keyakinan baru hingga nenek moyang orang Batak perlahan mulai meninggalkan ritual animisme dan dinamisme.

Peran HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), sebagaimana kelanjutan misi Nommensen, kemudian membawa perubahan radikal soal keagamaan dan ritual-ritual di tengah masyarakat.

Perubahan yang dilakukan termasuk diantaranya dengan melakukan pembaharuan budaya.

Namun hal tersebut tidak serta-merta mengubah budaya dan ritual nenek moyang yang sudah ada, namun beberapa yang dianggap layak tetap dipertahankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com