Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Wanita Penipu dengan Modus Donasi Palestina di Binjai, Masih Buron

Kompas.com - 16/11/2023, 19:15 WIB
Rahmat Utomo,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Polisi terus menyelidiki kasus tiga wanita di Kota Binjai, Sumatera Utara, yang diduga melakukan penipuan dengan modus donasi untuk Palestina.

Kepala Polres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen mengatakan, timnya telah melakukan penelusuran, dan diduga pelakunya bukan warga Kota Binjai.

"Kita sedang melakukan pengejaran, tapi (identitas mereka) belum kita ketahui, kita coba sebar video mereka di grup (Whatsapp) Bhabinkamtibmas dan ke grup Kepling, nggak ada yang kenal yang bersangkutan."

"Kayaknya (mereka) dari luar itu, (warga) Kabupaten Deli Serdang atau Kota Medan," ujar Rio saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: Modus Donasi Palestina, Polisi Buru 3 Wanita Penipu di Binjai

Disinggung apakah ketiga pelaku terindikasi melakukan penipuan, Rio tidak ingin buru-buru menyimpulkannya, dia menyebut, Polisi masih fokus melakukan pengejaran.

"Kalau (mengarah ke penipuan) itu kita belum tahu, kan orangnya belum dapat. Belum bisa kita buktikan, (tapi) kalau dari video kita lihat udah bisa kita patut didugalah, karena orangnya kan lari," ujar dia.

Rio juga menegaskan, kasus ini mendapat perhatian lebih lantaran sangat meresahkan masyarakat

"Intel dengan Reskrim dikerahkan untuk mencari orangnya, tetap kita cari. Karena sudah ada tokoh masyarakat mendorong kami untuk menindaklanjutinya,'' tutup Rio.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Seputaran Binjai (@seputaran.binjai)

Sebelumnya diberitakan peristiwa ini sempat meluas berkat video di media sosial. Dilihat dari akun Instagram @seputar.binjai awalnya tampak seorang pria memergoki tiga wanita.

Ketiganya diduga meminta sumbangan kepada pengguna jalan menggunakan kardus. Tampak di dalam kardus tersebut uang pecahan Rp 2.000-Rp 5.000.

Saat ditanya maksud dan tujuan meminta sumbangan atas nama Palestina, ketiganya kabur sambil membuang kardus yang dibawanya.

"Kalian kok bawa-bawa Palestina, kok lari, sini dulu kalian udah jual nama Palestina, lari kalian. Ini tiga wanita di jalan bawa-bawa Palestina untuk pribadi," ujar pria dalam video itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com