Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selundupkan 2 Kg Sabu di Koper, 2 Penumpang Bandara Kualanamu Ditangkap

Kompas.com - 21/06/2024, 21:39 WIB
Rahmat Utomo,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Petugas Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, menangkap 2 calon penumpang asal Aceh, lantaran kedapatan menyelundupkan 2 kg sabu pada Kamis (20/6/2024) malam.

Keduanya diringkus saat pihak bandara melakukan pemeriksaan barang bawaan mereka melalui mesin X-Ray.

Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur mengatakan, kedua penumpang berinisial Z (32) dan TWR (27).

Baca juga: Polres Lombok Barat Tangkap Pengedar Sabu di Batulayar

 

Penangkapannya yang berlangsung sekitar pukul 20.10 WIB, bermula saat petugas memeriksa koper pelaku dengan X-Ray. Mereka lalu mencurigai ada benda aneh di tas keduanya.

"Jadi kedua calon penumpang tersebut membawa 2 koper yang diduga berisikan 8 bungkus narkotika dan berhasil diamankan di pemeriksaan keberangkatan barang penumpang," ujar Dedi saat dihubungi Kompas.com melalui telepon seluler, Jumat (21/6/2024).

Dedi tidak merinci berapa berat sabu yang dibawa pelaku, keduanya kini telah diserahkan ke Polresta Deli Serdang untuk penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Bawa 19 Kg Sabu, 3 Wanita Asal Bogor Ditangkap di Bandara Kualanamu

"Petugas Bandara Internasional Kualanamu berkoordinasi dengan pihak Satres Narkoba Polresta Deli Serdang untuk dilakukannya serah terima calon penumpang untuk dapat diproses lanjut," ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Deli Serdang, Kompol Sebastian RS Saragih mengatakan, pelaku berasal dari Aceh dengan tujuan penerbangan Bandara Kualanamu ke Makassar.

RS Saragih mengatakan, total sabu yang hendak diselundupkan sekitar 2 kg.

"Benar (2 kg yang diselundupkan)," ujar Sebastian melalui pesan singkat.

Menurutnya, saat ini kedua pelaku ditahan di Polresta Deli Serdang. Polisi masih mendalami jaringan pelaku dan sudah berapa kali mereka beraksi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com