Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Gardu PLN di Siantar Dicuri, Pelaku Pakai Atribut Teknisi Saat Beraksi

Kompas.com - 27/04/2024, 16:54 WIB
Teguh Pribadi,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com- Sebanyak tiga pria ditangkap saat mencuri kabel PLN  di Jalan Sibatu batu, Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jumat (26/4/2024).

Saat beraksi, para pelaku didapati memakai atribut lengkap teknisi PLN dan kabel curian dari dalam mobil. Pelaku lainnya sempat diamuk massa sebelum diserahkan ke polisi.

Teknisi Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PT PLN Pematangsiantar Yudhi Indrawan Harefa mengatakan, awalnya menerima laporan dari masyarakat pada Jumat sekitar 13.30 WIB.

Baca juga: Polisi Tangkap 2 Komplotan Pencuri Kabel Lampu Jalan Tol di Sergai

Setelah tiba di lokasi, didapati pelaku yang menggunakan atribut teknisi PLN itu bukan petugas lapangan UP3 PLN Pematangsiantar.

“Mereka bukan petugas PLN, hanya memakai atribut agar anggapan masyarakat seperti petugas lapangan,” kata Yudhi dihubungi KOMPAS.com, Sabtu (27/4).

Ia mengatakan dari para pelaku diamankan kabel protedur atau kabel jenis NYY dari berada di Gardu distribusi (Trafo).

Menurut Yudhi, modus pencurian semacam ini sudah beberapa kali terjadi khususnya di Pematangsiantar. Namun baru kali ini pelaku berhasil diamankan.

“Informasi ini kami diterima dari masyarakat. Menurut pengakuan pelaku, mereka ini warga Bukit Maraja, Kabupaten Simalungun,” ucap Yudhi menambahkan.

Baca juga: Ditunggu Polisi dan Warga, Pencuri Kabel Bertahan 3 Jam di Atas Tower

Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan, para pelaku berinisial ERS, DN dan JS telah diamankan di Mako Polres Pematangsiantar.

“Pelapor membuat laporan pengaduan ke Mako Polres Pematangsiantar untuk diproses sesuai hukum yang berlaku,” kaya Yogen dalam keterangan tertulis Humas Polres Pematangsiantar.

Dalam keterangannya, para pelaku awalnya beraksi mencuri kabel PLN dari Gardu PLN No.S62 di Jalan Sibatu batu Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematangsiantar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com