Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Yakin Prabowo Kuasai Materi Debat Capres Selanjutnya soal Pertahanan Keamanan

Kompas.com - 26/12/2023, 20:22 WIB
Rahmat Utomo,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

MEDAN,KOMPAS.com- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memprediksi debat ketiga yang rencananya digelar 7 Januari 2024.

AHY optimistis calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto akan menguasai tema debat yang meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Baca juga: Usai Peringati Tsunami di Aceh, Prabowo Kembali ke Jakarta, AHY dan SBY ke Medan

"(Debat) yang ketiga ini menjadi salah satu kekuatan beliau berbicara pertahanan, keamanan, hubungan internasional, apalagi beliau selama 5 tahun ini menjadi menteri pertahanan Republik Indonesia, termasuk rekam jejak yang lain," ujar AHY saat ditanya wartawan di Hotel Adimulia Medan, Selasa (26/12/2023)

AHY menilai, jawaban Prabowo saat debat akan membuat publik menaruh kepercayaan.

"Menurut saya cukup memberikan keyakinan, bahwa Insya Allah jika beliau jadi presiden, maka urusan pertahanan keamanan negara jadi prioritas utama, kedaulatan negara termasuk juga keutuhan negeri ini," katanya.

Baca juga: Berkunjung ke Aceh, Prabowo Ungkapkan Pandangannya soal Pengungsi Rohingya

Di sisi lain AHY juga percaya di tangan Prabowo diplomasi Indonesia di internasional akan dijalankan dengan baik demi kepentingan bangsa.

Disinggung soal banyaknya pihak yang menyebut, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengungguli Prabowo saat debat pertama, menurut AHY penilaian itu relatif.

"Ada yang menganggap (capres nomor urut) satu, dua, tiga yang lebih baik atau lebih kuat penampilannya. Tapi menurut kami, Pak Prabowo capres kami pada penampilan debat pertama, menunjukkan komitmen beliau dan visi misi dan juga kebijakan, program yang akan beliau jalankan, sesuai materi debat pertama," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com