Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Patuh Toba 2022 Sumut Digelar 13-26 Juni, Ini Pelanggaran yang Disasar Polisi

Kompas.com - 14/06/2022, 07:14 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Operasi Patuh Toba 2022 di Sumatera Utara digelar selama 14 hari, mulai 13 hingga 26 Juni 2022 secara serentak di jajaran Polda Sumut.

"Sasaran utama dalam Operasi Patuh Toba yakni mengajak masyarakat tertib dan disiplin berlalu lintas, menurunkan pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," ujar Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, dikutip dari Antara, Senin (12/6/2022). 

Baca juga: Ribuan Personel Polisi Diturunkan pada Operasi Patuh Jaya 2022

Adapun pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran di operasi kali ini, di antaranya melawan arus, knalpot bising atau tidak sesuai standar, balap liar, kebut-kebutan, dan menggunakan ponsel saat berkendara.

Baca juga: Ini 8 Sasaran Pelanggaran di Operasi Patuh Semeru 2022 Jawa Timur

"Penegakan hukum Operasi Patuh Toba 2022 dengan dua cara, yakni dengan tilang baik elektronik (ETLE) statis dan mobile, serta teguran. Jadi tidak ada tilang manual di pelaksanaan penegakan hukum," ujar Valentino.

Polda Sumut menurunkan 1.567 personel selama Operasi Patuh Toba 2022.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengharapkan Operasi Tatuh Toba 2022 yang digelar Polrestabes Medan bisa meningkatkan kepatuhan dan mendisiplinkan warga dalam berlalu lintas.

"Pemkot Medan mendukung penuh Operasi Patuh Toba 2022. Kita harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan warga berlalu lintas," ujar Wali Kota Medan melalui Kasat Pol PP Kota Medan, Rakhmat Harahap di Medan, Senin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com