Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Pensiunan Guru TK Diminta Kembalikan Gaji Rp 75 Juta | Penemuan Tambang Emas di Dalam Gubuk

Kompas.com - 03/07/2024, 05:00 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Asniani, pensiunan guru taman kanak-kanak (TK) negeri di Sungai Bertam, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi, syok saat diminta mengembalikan uang negara ke Pemkab Muaro Jambi.

Asniani diminta mengembalikan uang sebesar Rp 75.016.700 yang merupakan gaji serta tunjangan yang diterimanya selama dua tahun.

Sebagai seorang guru, Asniani seharusnya pensiun pada usia 58 tahun, namun dia tetap menerima gaji hingga usianya 60 tahun.

Sementara itu, warga Kebumen dikejutkan dengan keberadaan tambang emas ilegal di Desa Karangmojo, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng).

Polres Kebumen kemudian menggerebek tambang emas ilegal yang berada di tengah hamparan kebun pepaya itu, pada Rabu (26/6/2024).

Warga setempat tidak menyangka di area tersebut ada tambang emas ilegal, selama ini warga mengira tempat tersebut hanya area perkebunan pepaya biasa.

Kedua artikel tersebut beserta tiga berita lainnya mendapat sorotan dari para pembaca Kompas.com, pada Selasa (2/7/2024).

Berikut 5 artikel Populer Nusantara selengkapnya:

1. Tidak tahu harus pensiun usia 58 tahun

Ilustrasi gaji. SHUTTERSTOCK/TRAVEL MAN Ilustrasi gaji.

Asniani, Guru TK yang diminta kembalikan uang gajinya sebesar Rp 75 juta, mengakui bahwa dia memang menerima uang tersebut.

Akan tetapi, dia mengaku tetap mengajar seperti biasa selama dua tahun itu karena tidak ada yang memberitahunya soal batas usia pensiun guru adalah 58 tahun.

"Saya sudah bertanya ke Taspen, kata orang di sana usia pensiun guru 60 tahun," kata Asniani, Kamis (13/6//2024).

Baca selengkapnya: Pensiunan Guru TK di Jambi Syok Diminta Kembalikan Gaji Rp 75 Juta, Tak Diberitahu jika Pensiun Usia 58 Tahun

2. Tambang emas ilegal di Kebumen

Penampakan tambang emas ilegal di Kabupaten Kebumen KOMPAS.COM/BAYUAPRILIANO Penampakan tambang emas ilegal di Kabupaten Kebumen

Salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi penambangan emas ilegal Kebumen, Daryanto (40) mengatakan, area tersebut tampak seperti perkebunan biasa di area perbukitan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com