Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan Ditunda karena Diprediksi Ramai saat Lebaran, Nyatanya Pengunjung Medan Zoo Sedikit

Kompas.com - 14/04/2024, 20:29 WIB
Rahmat Utomo,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com- Walikota Medan, Bobby Nasution sempat berjanji akan menutup kebun binatang Medan atau Medan Zoo, untuk proses perbaikan sebelum lebaran, Rabu (10/4/2024).

Tetapi rencana itu dibatalkan, lantaran Pemko Medan memprediksi jumlah pengunjung Medan Zoo akan ramai saat libur lebaran.

Namun berdasarkan Pantauan Kompas.com, Minggu (14/4/2024) sekira pukul 15.00 WIB, pengunjung Medan Zoo sedikit. Hanya terlihat belasan pengunjung mengelilingi wahana konservasi seluas 30 hektar tersebut, bersama keluarganya.

Baca juga: Penutupan Medan Zoo Ditunda Lagi, Alasannya Pengunjung Diperkirakan Ramai Saat Lebaran

Saat pengunjung tiba di sana mereka juga tampak hati-hati berjalan di salah satu tanjakan di area Medan Zoo, karena jalanan licin lantaran baru saja turun hujan. Pengunjung sampai harus membuka sandalnya karena takut terjatuh.

Di sisi lain, pengunjung juga kecewa lantaran sama sekali belum menemukan perubahan dari proses perbaikan Medan Zoo.

Hanya bagian depan Medan Zoo saja yang tampak berubah, sementara di bagian dalam tidak ditemukan perubahan yang berarti. Beberapa kandang tampak rusak dan kumuh.

Michael (18) salah pengunjung merasa kecewa saat datang ke Medan Zoo. Menurutnya lebih baik Pemko Medan fokus memperbaiki Medan Zoo daripada harus buru-buru membukanya.

"Saya datang ke sini karena akhir-akhir ini ada viral, katanya Medan Zoo sudah diperbaiki, ternyata masih sama seperti dulu belum banyak perubahan, cuma ada perubahan sedikit itu pun dari depan," ujar Michael.

Dia berharap agar Pemko Medan tidak menunda-nunda lagi proses perbaikan.

"Harapannya segeralah perbaiki, supaya banyak pengunjung datang,'' ungkapnya

Hal serupa juga disampaikan pengunjung lainnya, warga Provinsi Aceh, Fahmi (31). Kata dia awalnya dia datang ke Medan Zoo lantaran mudik lebaran di tempat istrinya, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Dia sengaja menempuh jarak 1 jam 45 menit ke Medan Zoo, demi melihat satwa-satwa langka di Medan Zoo.

Namun yang terjadi kata dia, masih banyak kandang yang kosong di Medan Zoo.

Pengunjung terpaksa menenteng sandalnya agar tidak terjatuh saat melewati jalan licin di salah satu area Medan Zoo, Minggu (14/4/2024)Kompas.com/Rahmat Utomo Pengunjung terpaksa menenteng sandalnya agar tidak terjatuh saat melewati jalan licin di salah satu area Medan Zoo, Minggu (14/4/2024)

"Anak saya mau naik gajah pun nggak bisa. Kata petugasnya, karena sudah tua gajahnya. Terus malah kandang- kandang binatang sudah berkurang, nggak seperti dulu," ungkapnya.

Jumlah pengunjung lebih sedikit dari 2023

Sementara berdasarkan data dari Kepala Urusan Pembukuan Medan Zoo, Arpan mengatakan, selama libur lebaran harga tiket masuk senilai Rp 20 ribu per orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com