Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem dan Gerindra Koalisi di Pilkada Medan, Usung Rico-Zakiyuddin

Kompas.com - 03/07/2024, 18:34 WIB
Rahmat Utomo,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com- Partai Nasdem dan Gerindra menyatakan berkoalisi di Pemilihan Wali Kota Medan, Rabu (3/7/2024). Keduanya pun sama mengusung kadernya untuk maju.

Posisi bakal calon wali kota diisi kader Nasdem, Rico Waas, yang merupakan keponakan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan juga Wakil Ketua DPW NasDem Sumut.

Sementara bakal calon wakil wali kotanya diisi oleh Wakil Ketua DPD Gerindra, Zakiyuddin Harahap.

"Kami telah bersepakat untuk melakukan koalisi khusus dalam hal ini di Kota Medan, di mana Nasdem telah menetapkan Rico Waas sebagai calon Wali Kota Medan periode 2025- 2030, dengan wakilnya Zakiyuddin Harahap sebagai wakil wali kota," ujar Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar ST saat konferensi pers bersama Partai Gerindra di Hotel Grand Aston Medan, Rabu (3/7/2024).

Baca juga: Nasdem Dukung Keponakan Surya Paloh Maju Pilkada Medan 2024

Iskandar lalu mengucapakan terima kasih kepada Gerindra lantaran mau bekerjasama dengan NasDem. Dia pun meyakini kalau pasangan ini yang terbaik untuk membangun Kota Medan.

Nantinya dia akan terus berkonsolidasi dengan Gerindra untuk memantapkan kemenangan di Pilkada Medan.

"Kami juga sudah sepakat dengan bang Sugiat (Sekertaris DPD Gerindra) baik ditingkat DPW dan DPD kita akan intens melakukan komunikasi dan segera menyusun program kerja dalam rangka menyusun pemenangan pasangan kita," ujarnya

Meskipun begitu, Iskandar juga membuka peluang bagi partai lain untuk berkoalisi dengan Nasdem dan Gerindra.

"(Kami) membuka peluang kepada seluruh partai bergabung karena kita tahu Medan harus dibangun bersama sama, kita bekerja sama memberikan yang terbaik agar Medan lebih baik, lebih hebat lebih sejahtera lagi," tutupnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Sugiat Santoso. Dia mengatakan kalau koalisi ini terjalin atas kordinasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem dan Gerindra.

Baca juga: MK Gugurkan Gugatan Sengketa Pilkada Medan Akhyar-Salman, KPU Bersyukur Perkara Tak Dilanjutkan

Selama beberapa pekan belakangan kedua partai intens bertemu untuk membahas Pilkada Medan, sebelum akhirnya memilih Rico dan Zakiyuddin.

"Terkait bagaimana selanjutnya bagaimana koalisi ini dibangun, sampai memenangkan pertarungan Pilkada sudah kami bicarakan, nanti secara kontinyu kami akan melakukan pertemuan secara internal untuk mematangkan ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com